1081 : SHOLAT SUNNAH PADA MALAM PENGANTIN BARU

PERTANYAAN

Arik Coy

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ

Saya bertanya Sholat sunah apa yang di kerjakan pada malam pengantin baru / mlm pertama

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 

JAWABAN

Brojol Gemblung  

Wa'alaikumussalam 

ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ - ﺍﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺷﻴﺒﺔ ﺍﻟﻜﻮﻓﻲ - ﺝ ٣ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٤٠١ : 

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﺑﻦ ﺇﺩﺭﻳﺲ ﻋﻦ ﺩﺍﻭﺩ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻧﻀﺮﺓ ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻌﻴﺪ ﻣﻮﻟﻰ ﺃﺑﻲ ﺃﺳﻴﺪ ﻗﺎﻝ: ﺗﺰﻭﺟﺖ ﻭﺃﻧﺎ ﻣﻤﻠﻮﻙ ﻓﺪﻋﻮﺕ ﻧﻔﺮﺍ ﻣﻦ ﺃﺻﺤﺎﺏ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻓﻴﻬﻢ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻭﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻭﺣﺬﻳﻔﺔ ﻗﺎﻝ: ﻭﺃﻗﻴﻤﺖ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻗﺎﻝ: ﻓﺬﻫﺐ ﺃﺑﻮ ﺫﺭ ﻟﻴﺘﻘﺪﻡ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﻟﻴﻚ، ﻗﺎﻝ: ﺃﻭ ﻛﺬﻟﻚ؟ ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﻧﻌﻢ! ﻗﺎﻝ: ﻓﺘﻘﺪﻣﺖ ﺇﻟﻴﻬﻢ ﻭﺃﻧﺎ ﻋﺒﺪ ﻣﻤﻠﻮﻙ ﻭﻋﻠﻤﻮﻧﻲ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﺇﺫﺍ ﺃﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻚ ﺃﻫﻠﻚ ﻓﺼﻞ ﻋﻠﻴﻚ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺛﻢ ﺳﻞ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻣﻦ ﺧﻴﺮ ﻣﺎ ﺩﺧﻞ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﺗﻌﻮﺫ ﺑﻪ ﻣﻦ ﺷﺮﻩ ﺛﻢ ﺷﺄﻧﻚ ﻭﺷﺄﻥ ﺃﻫﻠﻚ.

Telah menceritakan pada kami Ibnu Idris dari Dawud dari Aby Nadhrah dari Aby Sa'id; Maulaa (budak yg telah dimerdekakan) Aby Usaid berkata : “Saya menikah ketika masih menjadi hamba sahaya, lalu saya mengundang sekelompok sahabat Rasulullah - shalallahu ‘alaihi wasallam- di antaranya ada Ibnu Mas’ud dan Abu Dzar juga Hudzaifah.

Abu Said berkata: “Lalu dibacakan iqamat untuk shalat. Abu Dzar kemudian berangkat untuk maju ke depan, para sahabat lainnya kemudian berkata: “Kamu juga ikut”.

Abu Said berkata: “Apakah harus demikian?” Mereka menjawab: “Ya”. Aku lalu maju ke depan sedangkan saya saat itu masih seorang budak belian.

Mereka mengajariku dan mereka berkata: “Apabila kamu hendak menggauli isteri kamu (baru pengantin), shalatlah terlebih dahulu dua rakaat, kemudian berdoalah kepada Allah untuk kebaikan apa yang telah kamu gauli, juga berlindunglah kepada Allah dari kejahatannya dan kejahatan diri kamu juga diri keluargamu 

link dokumen :

https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/623417641016311/

Related Posts:

0 Response to "1081 : SHOLAT SUNNAH PADA MALAM PENGANTIN BARU "

Posting Komentar