1077: PERBEDAAN ANTARA SAHWU, NISYAN, DAN GHOFLAH

PERTANYAAN:   


Udien Elbahr

Assalamu'alakum

para ulama'mohon pencerahanya tentang perbedaan istilah SAHWU NISYAN DAN GHOFLAH... 

jazakumullah


JAWABAN

JAWABAN


Brojol Gemblung

wa'alaikum salam

:ﺍﻟﻤﻮﺳﻮﻋﺔ ﺍﻟﺸﺎﻣﻠﺔ - ﺍﻟﻔﺮﻭﻕ ﺍﻟﻠﻐﻮﻳﺔ 1/388-389


1560 ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻭﺍﻟﺴﻬﻮ:

ﺃﻥ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﻤﺎ ﻳﻜﻮﻥ، ﻭﺍﻟﺴﻬﻮ ﻳﻜﻮﻥ ﻋﻤﺎ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺗﻘﻮﻝ ﻏﻔﻠﺖ ﻋﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﺸﺊ ﺣﺘﻰ ﻛﺎﻥ ﻭﻻ ﺗﻘﻮﻝ ﺳﻬﻮﺕ ﻋﻨﻪ ﺣﺘﻰ ﻛﺎﻥ ﻻﻧﻚ ﺇﺫﺍ ﺳﻬﻮﺕ ﻋﻨﻪ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﺗﻐﻔﻞ ﻋﻨﻪ ﻭﻳﻜﻮﻥ، ﻭﻓﺮﻕ ﺁﺧﺮ ﺃﻥ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﺗﻜﻮﻥ ﻋﻦ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻐﻴﺮ ﺗﻘﻮﻝ ﻛﻨﺖ ﻏﺎﻓﻼ ﻋﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻣﻦ ﻓﻼﻥ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ
ﻳﺴﻬﻰ ﻋﻦ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻐﻴﺮ




1560 : Perbedaan antara Lupa (Ghaflah) dan Lupa (Sahwun)

Bahwa Ghaflah adalah ketidakingatan tentang keadaan yg terjadi, dan Sahwun adalah ketidakingatan tentang keadaan yg tidak terjadi.

Contoh, engkau berkata: Saya tidak ingat (ghaflah) tentang sesuatu ini hingga sesuatu itu ada.

Karena apabila engkau lupa (sahwun) tentangnya maka sesuatu itu tidak pernah terjadi / ada. Sementara apabila engkau lupa (ghaflah) tentangnya maka sesuatu itu ada / terjadi.Dan ada pihak lain yg membedakan keduanya, bahwa Ghaflah adalah ketidakingatan tentang tindakan orang lain.

Contoh,

engkau berkata: Saya lupa (ghaflah) tentang yg terjadi dari si Fulan. Dan tak boleh diucapkan: Saya lupa (sahwun) tentang tindakan orang lain.

1561 ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻭﺍﻟﺴﻬﻮ. ﻗﻴﻞ: ﺍﻟﺴﻬﻮ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﺘﻔﻄﻦ ﻟﻠﺸﺊ ﻣﻊ ﺑﻘﺎﺀ ﺻﻮﺭﺗﻪ ﺃﻭ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻴﺎﻝ ﺃﻭ ﺍﻟﺬﻛﺮ ﺑﺴﺒﺐ ﺍﺷﺘﻐﺎﻝ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻭﺍﻟﺘﻔﺎﺗﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺑﻌﺾ ﻣﻬﻤﺎﺗﻬﺎ. ﻭﺍﻟﻐﻔﻠﺔ: ﻋﺪﻡ ﺣﻀﻮﺭ ﺍﻟﺸﺊ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺎﻝ ﺑﺎﻟﻔﻌﻞ. ﻓﻬﻲ ﺃﻋﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻬﻮ ﻭﻟﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﺫﻟﻚ ﻣﻦ ﻟﻮﺍﺣﻖ ﺍﻟﻔﻮﻯ ﺍﻻﻧﺴﺎﻧﻴﺔ ﻛﺎﻥ ﻣﺴﻠﻮﺑﺎ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ.

1561 : Perbedaan antara Lupa (Ghaflah) dan Lupa (Sahwun)

Ada yg mengatakan bahwa Sahwun adalah ketidakingatan terhadap sesuatu sedangkan gambarannya masih ada dalam ingatan atau khayalannya sebab jiwanya tersibukkan oleh hal-hal penting lainnya.

Dan Ghaflah adalah tidak hadirnya atau tidak terlacaknya sesuatu dalam pikiran secara pasti. Maka dg demikian Ghaflah lebih umum dari pada Sahwun.

1562 ﺍﻟﻔﺮﻕ ﺑﻴﻦ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻭﺍﻟﻨﺴﻴﺎﻥ :  

ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ: ﻋﺒﺎﺭﺓ ﻋﻦ ﻋﺪﻡ ﺍﻟﺘﻔﻄﻦ ﻟﻠﺸﺊ ﻭﻋﺪﻡ ﻋﻘﻠﻴﺘﻪ ﺑﺎﻟﻔﻌﻞ، ﺳﻮﺍﺀ ﺑﻘﻴﺖ ﺻﻮﺭﺗﻬﺎ ﺃﻭ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﻓﻲ ﺍﻟﺨﻴﺎﻝ، ﺃﻭ ﺍﻟﺬﻛﺮ، ﺃﻭ ﺍﻧﻤﺤﺖ ﻋﻦ ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ. ﻭﻫﻲ ﺃﻋﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﻴﺎﻥ، ﻻﻧﻪ ﻋﺒﺎﺭﺓ ﻋﻦ ﺍﻟﻐﻔﻠﺔ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺊ ﻣﻊ ﺍﻧﻤﺤﺎﺀ ﺻﻮﺭﺗﻪ ﺃﻭ ﻣﻌﻨﺎﻩ ﻋﻦ ﺍﻟﺨﻴﺎﻝ، ﺃﻭ ﺍﻟﺬﻛﺮ، ﺑﺎﻟﻜﻠﻴﺔ، ﻭﻟﺬﻟﻚ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺍﻟﻨﺎﺳﻲ ﺇﻟﻰ ﺗﺠﺸﻢ ﻛﺴﺐ ﺟﺪﻳﺪ ﻭﻛﻠﻔﺔ ﻓﻲ ﺗﺤﺼﻴﻠﻪ ﺛﺎﻧﻴﺎ. ﻛﺬﺍ ﺣﻘﻘﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮﻳﻦ.


1562Perbedaan antara Lupa (Ghaflah) dan Lupa (Nisyan) :


Ghaflah adalah ungkapan dari ketidakingatan terhadap sesuatu dan tidak bisa mempikirkannya dg pasti, baik gambarannya masih ada atau teringat dalam khayalan atau ingatan, ataupun terhapus dari salah satunya.

Ghaflah ini lebih umum dari pada Nisyan, karena ia (nisyan) adalah ungkapan dari ketidakingatan tentang sesuatu yg gambarannya terhapus dari khayalan dan ingatan secara keseluruhan.

Oleh karena demikian orang yg lupa (nisyan) perlu upaya dan usaha yg baru untuk menghasilkannya atau mengembalikan ingatan tentangnya

link dokumen :

 https://www.facebook.com/groups/kasarung/doc/622973821060693/

Related Posts:

0 Response to "1077: PERBEDAAN ANTARA SAHWU, NISYAN, DAN GHOFLAH"

Posting Komentar